sponsor

sponsor

Slider

News Maker

Kemitraan

Seputar Informasi

Program Kerja

Pengurus

Download

Dokumentasi

» » Sejarah pergerakan Pemuda



1. Pendahuluan
Selama 3,5 tahun berkuasa di Indonesia, pemerintah fasis Jepang dihadapkan pada keputusan politik yang ambivalen. Enam bulan pertama kekuasaannya di tahun 1942 Jepang mampu membuktikan kekuatan dan keunggulan angkatan perangnya dalam setiap medan pertempuran. Kemajuan berperangnya luar buasa, menakjubkan, pasukannya bergerak cepat bagaikan badai menyapu tempat-tempat pertahanan musuh. Akan tetapi keunggulan itu tidak berlangsung lama, yaitu ketika armada Jepang dipukul mundur oleh Sekutu pada akhir 1942. Kekalahan Jepang diberbagai medan perang pada akhirnya menyebabkan menipisnya keparcayaan bangsa Indonesia terhadap pemerintahan Jepang. Untuk itu Jepang harus memiliki kemampuan untuk  memulihkan kepercayaan bangsa Indonesia terhadap kewibawaan pemerintah Jepang.
Bagaimanakah politik pemerintah  Jepang dalam menjalin kerjasama dengan bangsa Indonesia?. Bagaimanakah reaksi rakyat Indonesia  terutama kalangan pemuda terhadap politik Jepang tersebut. Tulisan ini memberikan perhatian secara khusus kepada gerakan pemuda pada masa pendudukan Jepang di Indonesia awal 1943 hingga pertengahan 1945. Peristiwa ini menarik untuk menyimak kembali dinamika nasionalisme dari anak bangsa. Pertama karena secara politis gerakan pemuda pada waktu itu merupakan representasi campuran politik pemerintah Jepang yang bercorak eksploatatif, dengan politik nasionalisme modern yang sedang tumbuh di kalangan kaum pergerakan Indonesia. Kedua, stigma pemuda dalam dinamika sejarah kolonial di  Indonesia, selama munculnya gerakan pemuda dalam wadah organisasi, pemerintah Hindia Belanda tidak memberikan kesempatan yang baik dan memberikan tempat yang wajar kepada kaum nasionalis. Oleh karena itu, tidak dapat disalahkan  kalau pemuda pada umumnya dan kaum nasionalis khususnya mengubah arah politiknya lebih mendekat kepada penguasa Jepang. Ketiga, penguasa Jepang yang semula menyatakan sebagai ”saudara tua” ternyata berubah menjadi saudara yang kejam dan ganas. Akibatnya kaum muda bergerak, bekerjasama untuk melepaskan diri dari belenggu pemerintah Jepang

2.    Metode Penelitian
Kajian ini menggunakan metode penelitian sejarah untuk memahami dinamika gerakan pemuda pada  masa pendudukan Jepang di Indonesia. Sumber-sumber yang digunakan di dalam penelitian ini adalah buku-buku yang secara khusus mengungkap tentang pergerakan pemuda pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Langkah  selanjutnya adalah menyeleksi sumber-sumber yang dikumpulkan itu kemudian diuji secara kritis untuk memperoleh sumber-sumber sejarah yang otentik dan kredibel sehingga pada akhirnya akan diperoleh fakta sejarah.  Fakta sejarah itu dianalisis ke dalam suatu uraian yang sistematis dan diletakkan dalam konteks sejarah.

3.    Pembahasan Hasil Penelitian
3.1.  Gerakan Kemiliteran
Sejak awal pemerintahannya, penguasa Jepang di Indonesia sudah merencanakan untuk mengarahkan pemuda dan pelajar ke dalam gerakan semi-militer. Pada triwulan pertama 1943 Jepang mendirikan organisasi pemuda pertama di Jawa yang diberi nama Seinendan[1]. Organisasi ini dipimpin langsung oleh Syaiko Sykikan, panglima Angkatan Darat Jepang di Jawa yang bermarkas di Jakarta. Seinendan sebagai organisasi yang bertujuan untuk membina para kawula muda Jawa yang memiliki kesadaran akan munculnya kemenangan dalam perang Asia Timur Raya. Ini berarti, bahwa tujuan utama Jepang mendirikan Seinendan adalah untuk menyelamatkan pasukan Jepang yang mulai terjepit di berbagai front Asia Pasifik. Untuk itu keberadaan Seinendan langsung dipegang oleh Gunseikan atau pimpinan pemerintahan militer (Jakarta),  dan  secara struktural diteruskan di darah administratif di bawahnya seperti Syu (karesidenan), Koci (daerah istimewa seperti Yogyakarta), Ken (kabupaten), dan Gun (kawedanan).
            Pemuda yang diperkenankan masuk dalam Seinendan adalah para remaja putra yang telah berumur 14-25 tahun. Mereka kemudian diperkenalkan dengan budaya Jepang terutama sekali diharuskan mengikuti latihan-latihan kemiliteran dengan senapan-senapan tiruan dan bambu runcing. Para pemuda lebih diperkenalkan pada cara-cara dan situasi yang keras. Hal ini dimaksudkan untuk membiasakan kedisiplinan, sehingga secara perlahan semangat perang Asia Timur Raya mulai di suntikkan kepada kawula muda Indonesia.
            Organisasi pemuda semi-militer yang kedua adalah Keibondan, suatu organisasi pemuda (20-35 tahun) yang lingkup kegiatannya membantu tugas-tugas kepolisan berupa penjagaan lalulintas, pengamanan desa dan tugas-tugas di bidang keamanan dan ketertiban umum lainnya. Latihan yang diberikan kepada Keibondan meliputi penjagaan dan penyelidikan terhadap berbagai berita dalam kehidupan sosial, penjagaan kawasan dirgantara, penjagaan wilayah pantai, penjagaan dan bantuan bencana alam, serta penjagaan dan keamanan kampung (Sihombing,  1962: 1933-1934). Organisasi ini ada di bawah binaan Keimubu (Departemen Kepolisian). Pengawasan terhadap keberadaan Keibondan dilakukan secara hierarkhis sampai ke tingkat bawah oleh kepala polisi daerah (Suhartono, 2001: 130).
Dengan meningkatnya suasana ancaman perang antara pasukan Jepang dengan Sekutu menyebabkan gerakan  Keibondan mulai disalahgunakan untuk berbagai kepentingan. Tidak jarang dimanfaatkan sebagai mata-mata yang mengintip setiap gejala dan fenomena sosial politik yang dianggap menentang kekuasaan pendudukan Jepang. Akibatnya seringkali terjadi salah tangkap, hanya karena yang bersangkutan dicurigai mata-mata musuh. Selain itu, Keibondan juga dapat dipergunakan oleh  pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menghancurkan lawan kepentingan dengan cara membuat tuduhan yang sama. Dengan demikian Keibondan selain ikut memperkuat kewaspadaan dan disiplin masyarakat, juga dapat terperangkap ke dalam politik pecah belah. Menjelang akhir 1943 tidak banyak perbedaan antara Seinendan dengan Keibondan, sebab keduanya juga mendapatkan latihan dasar-dasar kemiliteran, sehingga kedua gerakan barisan pemuda ini dapat dipergunakan untuk tujuan pertahanan. Sekali pun demikian gerakan Keibondan yang cukup spektakuler adalah  bahwa organisasi ini dikondisikan jauh dari pengaruh kaum nasionalis. Sebaliknya Seinendan justru di dalamnya diperkuat oleh nasioanlis muda seperti Sukarni.
            Terdesaknya posisi pertahanan pasukan Jepang oleh Sekutu menyebabkan pemerintah Jepang pada bulan April 1943 memberikan kesempatan kepada pemuda Indonesia untuk menjadi pembantu angkatan perang Jepang (Heiho). Berbeda dengan Seinendan dan Keibondan, kelahiran Heiho dimaksudkan untuk kalangan pemuda yang dipersiapkan sebagai barisan kesatuan-kesatuan angkatan perang, sehingga keberadaan Heiho dimasukkan sebagai bagian dari ketentaraan Jepang. Oleh karena itu, Heiho sering dibawa sebagai tenaga pekerja yang melayani kegiatan angkatan perang seperti memindahkan senjata dan peluru dari gudang ke atas truk. Heiho ternyata bukan hanya ada dalam jajaran angkatan darat Jepang, tetapi juga pada angkatan laut. Pada waktu itu, kawasan Indonesia dikuasai oleh tiga tentara, yakni tentara ke-16 untuk pulau Jawa, tentara ke-25 untuk Sumatra, dan daerah armada untuk Indonesia bagian Timur, maka Heiho juga ada pada ketiga satuan ini.
            Di beberapa wilayah satuan angkatan perang Jepang ternyata sangat bervariasi persyaratan perekrutan anggota Heiho. Di Sumatra yang dapat diterima sebagai Heiho adalah para pemuda yang sudah tamat sekolah rendah dan berumur 18-30 tahun. Sementara itu, pada kesatuan tentara ke-16 di Jawa yang diterima adalah para pemuda berpendidikan sekolah menengah yang  telah berumur 16-25 tahun.
            Kebutuhan pemerintah pendudukan Jepang di bidang militer terutama untuk melatih tingkat perwira di kalangan bangsa Indonesia diwujudkan dengan mendirikan Tentara Pembela Tanah Air (Peta). Dalam pengumuman mengenai pembentukan Peta dinyatakan bahwa seluruh anggotanya terdiri dari bangsa Indonesia sendiri. Pasukan-pasukan Peta dibentuk di setiap Syu (karesidenan) yang bertugas untuk mengamankan dan mempertahankan daerah masing-masing. Penyebarluasan berita tentang pembnetukan Peta dan syarat-syarat untuk dapat menjadi anggota Peta ternyata mendapat perhatian besar dari masyarakat, khususnya di Jawa. Hal ini disebabkan oleh persyaratan anggota Peta tidak terlalu mementingkan tingkat pendidikan seperti pada Heiho, tetapi lebih mengutamakan manajemen kepemimpinan. Mengenai persyaratan umur hanya diebutkan untuk calon komandan peleton berusia di bawah 30 tahun, sedangkan untuk calon komandan regu dan prajurit harus di bawah 25 tahun (Anderson, 1972 : 14). Sekali pun demikian mereka yang diterima menjadi komandan batalyon ternyata terdiri dari para tokoh seperti guru dan kyai yang telah mempunyai pengaruh kuat atau sebagai ”agent of change” dalam masyarakat. Para calon perwira di Peta dibagi dalam tiga kelompok, yaitu Daidanco (calon komandan batalyon), Gudanco (calon komandan kompi), dan Syudanco (calon komandan peleton). Para calon perwira sudah menjalani latihan militer di Bogor sejak mulai akhir 1943 hingga pertengahan 1944.
            Peta mempunyai kuajiban menyiapkan dan menghimpun tenaga kawula muda apabila Sekutu mendarat di Indonesia. Oleh karena itu, semuanya dilakukan serba cepat sebab situasi perang memang sudah begitu mengkhawatirkan Jepang. Bagi Jepang sendiri tidak begitu penting, apakah para perwira-perwira baru itu sudah terampil atau belum di bidang kemiliteran, sebab keberadaan mereka tetap di bawah derajat tentara Jepang sendiri (Sihombing, 1962 : 168). Perlakuan-perlakuan tentara Jepang terhadap para perwira putra Indonesia seringkali menyebabkan tekanan psikologis. Bahkan berawal dari masalah-masalah psikologis di kalangan periwa Peta seperti inilah yang menjadi salah satu sebab meletusnya pemberontakan Peta di Blitar pada tanggal 14 Pebruari 1945. Pemberontakan Peta Blitar ini segera dapat dipadamkan oleh tentara Jepara dan tokoh pemberontakan sebagian dihukum mati atau dihukum penjara. Apapun akibat-akibat dari suatu gerakan, ternyata pemberontakan Peta di Blitar merupakan manifestasi perasaan dan kebersamaan pemuda Indonesiayang selalu ingin melepaskan diri dari kekejaman dan belenggu pasukan Jepang. Pada waktu Jepang menyerah kalah kepada Sekutu tahun 1945, para perwira tersebut keluar dari tentara Peta. Atas dasar pertimbangan rasional seperti ini tidaklah terlalu berlebihan jika ada pendapat yang menyatakan bahwa tentara Peta bukanlah pemuda Tentara Nasional Indonesia (TNI), sekalipun  tidak jarang anggota tentara Peta yang menjadi tokoh utama TNI di kemudian hari.


3.2.  Gerakan Sosial Politik

Kekalahan pasukan Jepang di berbagai medan tempur menyebabkan semakin menipisnya kepercayaan bangsa Indonesia terhadap kemampuan pemerintah Jepang. Untuk itu Jepang bertekad memulihkan kepercayaan di kalangan bangsa Indonesia terhadap kemampuan pasukan Jepang. Jepang mulai mengadakan pendekatan dengan para tokoh nasionalis Indonesia. Pemerintah Jepang mulai mengubah kebijakan politiknya, yaitu merangkul barisan nasionalis-nasionalis muda Indonesia untuk memperoleh kemenangan di medan tempur perang Asia Timur Raya dengan membentuk sebuah organisasi pemuda yang diberi nama Pusat Tenaga Rakyat (Putera) yang dipelopori oleh ”empat serangkai” terdiri dari Sukarno, Moh. Hatta, Ki Hadjar Dewantoro, dan Haji Mas Mansyur. Pada awalnya Putera digunakan sebagai alat penggerak pemuda Indonesia dengan maksud untuk membujuk kalangan muda  supaya memiliki kepedulian terhadap pemerintah Jepang. Sementara itu, kehadiran Sukarno dan Moh. Hatta dalam wadah Putera ternyata ambivalen. Di satu sisi mereka bekerja untuk kepentingan Jepang, tetapi di sisi lainnya mereka harus merealisasikan cita-cita nasionalisnya yakni mengembangkan nasionalisme Indonesia kke arah kemerdekaan bangsanya. Untuk itu kekuatan nasional harus tetap perkuat dan dikumandangkan dengan memanfaatkan kekuatan-kekuatan nasionalis dari gerakan atau organisasi illegal/bawah tanah. Keberadaan organisasi bawah tanah tidak dadpat dipisahkan dengan adannya asrama-asrama pemuda sebagai pusat pergerakan mereka.
            Asrama dapat dipandang sebagai tempat persemaian yang efektif bagi pemuda untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Mereka membentuk gerakan pemuda dalam bentuk kelompok-kelompok seperti kelompok asrama Mahasiswa Prapatan 10, kelompok asrama Maahasiswa Angkatan Baru Indonesia, kelompok Sjahrir, kelompok asrama Mahasiswa Indonesia. Di luar kelompok-kelompok asrama itu juga terdapat organisasi-organisasi pemuda/mahasiswa non-asrama seperti yang dipimpin oleh Amir Syarifuddin[2].
            Kelompok pemuda/mahasiswa di Jakarta yang aktif melakukan gerakan dipusatkan di dua asrama, yaitu asrama mahasiswa Ika Daigaku (di jalan Prapatan 10) dan kelompok di jl. Cikini Raya yang pada waktu mereka bergabung dalam Badan Permusyawaratan Pelajar-Pelajar Indonesia (BAPERPI). Sebagai mahasiswa mereka belum mempunyai politik jangka panjang, sebab pertumbuhan dan dinamika gerakan mereka lebih banyak diwarnai oleh idealime pemuda. Sikap dan perilaku  inilah yang kemudian melahirkan mereka sering berbenturan dengan pemerintah Jepang.
            Ketia tokoh pemuda/mahasiswa yang menonjol pada waktu itu adalah Sukarno, Moh. Hatta, dan Syahrir yang secara strategis mereka memili target pergerakan yang sama yakni mencapai kemerdekaan Indonesia. Hanya secara terpisah mereka mampu memanfaatkan bantuan dan fasilitas pemerintah Jepang sesuai dengan kondisi masing-masing. Ketika sedang memuncaknya pembentukan organisasi militer dan semi-militer oleh Jepang (Keibondan, Seinendan, Heiho, dan Peta), diantara mereka berhasil medirikan sel-sel/cabang-cabang organisasi pemuda/mahasiswa di wilayah Jawa seperti Surabaya, Cepu, cirebon, Garut, dan Semarang. Salah satu kegiatan cabang-cabang ini adalah mendengarkan radio Sekutu secara diam-diam, kemudian menyebarkan beritanya keseluruh cabang pergerakan pemuda. Stasiun radio yang menjadi sumber berita adalah radio Australia dan BBC London. Melalui berita radio itulah para pemuda dapat memantau dan mengetahui setiap kekalahan dan kemajuan yang dialami tentara Jepang di berbagai front. Dari sumber berita itulah gerakan pemuda mampu memprediksi keadaan dan mengalsis kemungkinan kebijakan yang akan diputuskan oleh pemerintah Jepang di Indonesia

3.3.  Gerakan Rengasdengklok

Tanggal 14 Agustus 1945, ketika Sukarno, Moh. Hatta, dan Radjiman dalam perjalanan dari Jakarta-Singapura-Dalat dan kembali lagi ke Jakarta, sebagian pemuda khususnya mereka yang bergerak di bawah tanah sudah mengetahui bahwa Jepang sudah menyerah pada Sekutu menyusul pemboman di Hiroshima dan Nagasaki. Berita menyerahnya Jepang kepada Sekutu selain diperoelh dari radio Sekutu, juga dari Hoso Kanri Kyoku (radio Jepang di Jakarta). Berita itu segera disebarkan ke berbagai jaringan gerakan pemuda illegal.
            Moh Hatta terkejut atas berita menyerahnya Jepang yang disampaikan oleh Syahrir. Ia menyetujui bahwa proklamasi kemerdekaan dikumandangkan secepatnya, tetapi sekali gus meragukan apakah Sukarno dapat melakukannya mengingat pada waktu kedudukannya sebagai ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).  Mereka sepakat menemui Sukarno, tetapi sebaliknya Sukarno sendiri masih meragukan berita menyerahnya Jepang kepada Sekutu.
            Keesokan harinya, 15 Agustus dua pemuda yakni Darwis dan Wikana menyampaikan hasil rapat pemuda kepada Sukarno. Rapat yang telah dipimpin oleh Chaerul Saleh memutuskan bahwa memproklamasikan kemerdekaan oleh bangsa Indonesia sendiri, mengajak Sukarno dan Hatta  berunding untuk memproklamirkan kemerdekaan, menyiapkan para pemuda, pelajar dan mahasiswa untuk menghadapi situasi baru. Kemerdekaan harus segera diumumkan dan dilaksanakan oleh bangsa Indonesia, dan yang tepat mengumandangkan adalah Sukarno dan Hatta. Mengingat situasi politik dan keamanan yang tidak kondusif, maka para pemuda memutuskan untuk membawa Sukarno dan Hatta ke luar kota, Rengasdengklok, sebuah kota kecamatan di kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sekali pun sudah diamankan ke luar kota Jakarta, Sukarno dan Hatta masih tetap dengan pendiriannya yakni belum percaya terhadap berita dari pihak pemuda, bahkan berita resmi dari Jepang sendiri ditak ada.
            Keesokan harinya tanggal 16 Agustus seorang pemuda tokoh pergerakan nasional Ahmad Subardjo Djojoadisurjo menuju Rengasdengklok untuk meyakinkan Sukarno-Hatta tentang menguatnya gerakan pemuda untuk memprokalamasikan kemerdekaan yang dipercayakan kepada Sukarno-Hatta. Oleh sebab itu, Sukarno-Hatta dibawa ke Jakarta. Pada pagi harinya tanggal 17 Agustus 1945 Sukarno dan Hatta membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, sebagai tanda gerakan pemuda sudah di depan pintu gerbang kemerdekaan

4.        Penutup
Untuk mengambil hati rakyat Indonesia, pada wal kekuasaannya pemerintah Jepang bersikap lunak dan memperkuat kerjasama dengan Indonesia, tetapi akhirnya berlawanan dengan kenyataan dan janji-janji masis itu dilupakan begitu saja. Penderitaan dan tekanan dari pemerintah Jepang dirasakan terlalu berat dan diharapkan penderitaan segera berakhir.         
            Ramalan Jayabaya mengatakan bahwa kekejaman dan penderitaan bangsa Indonesia hanya ”seumur jagung” ternyata cukup populer sebagai penangkal penderitaan dan menyongsong datangnya zaman baru yang ”gemah ripah loh jinawi”. Makna di balik ramalan inilah yang semakin memperkuat kerjasama di kalangan pemuda. Bahkan puncak perjuangan menuju kemerdekaan merupakan hasil kerjasama antara kelompok tua dengan kelompok muda. Perhitungan politik yang tajam yang dikombinasikan dengan prosedur  gerakan pemuda yang dikembangkan dengan nilai kebersamaan, pada akhirnya perjuangan pemuda mampu menghantarkan bangsa Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan.

5.        Daftar Pustaka

Anderson, Benedict R.O.G. 1972. Java in Time of Revolution : Occupation and Resistence 1944-1946. Ithaca : Cornell University Press.

Hardjito. 1952. Risalah Gerakan Pemuda. Jakarta : Pustaka Antara

Sihombing, ODP. 1962. Pemuda Indonesia Menentang Fasisme Jepang. Jakarta : Sinar Djaya.

Suhartono. 2001. Sejarah Pergerakan Nasional. Dari Budi Utomo Sampai Proklamasi 1908-1945. Yogyakarta : Pustaka Pelajar








Oleh: Sugiyarto
Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Undip














[1] Seinendan adalah suatu organisasi penggemblengan pemuda di Jawa yang mirip seperti Seinendan  yang ada di Jepang. Di Jepang, gerakan Seinendan merupakan sumber tenaga yang dapat diharapkan oleh pihak militer untuk membantu dalam aktivitas kemiliteran. Dalam organisasi ini para pemuda dan pemudi di Jepang dipupuk menjadi angkatan muda yang fanatik dan berpendirian ekstrem dengan cara menjalani latihan-latihan kemiliteran dan indoktrinasi yang efektif.
[2] Amir Syarifuddin adalah mantan ketua Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo berdiri di Jakarta 24 Mei 1937), sebuah organisasi sosial politik di masa pergerakan nasional (Hindia Belanda) yang dianggap berorientasi ke kiri. Menjelang Jepang berkuasa di Indonesia tahun 1942, Amir Syarifuddin disebut-sebut berhubungan erat dengan PJA Idenburg, pimpinan Departemen Pendidikan Hindia Belanda, yang memberikan bantuan uang kepada Amir Syarifuddin untuk mengorganisir gerakan/organisasi illegal/bawah tanah melawan Jepang.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
Comments
0 Comments